Senin, 16 Desember 2013

Cara pembayaran Latauc dan cara pembayaran luar negeri



Cara pembayaran L/C
Jaminan pembayaran yang diterbitkan oleh bank atas permintaanpembeli, pembayaran dilakukan dengan pencairan L/C oleh eksportir padabank. L/C dapat berupa kondisi sight (atas unjuk) atau usance (berjangka)sesuai dengan kesepakatan. Dan adanya instrumen L/C yang merupakan jaminan pembayaran yang diterbitkan oleh bank yang mengakibatkan dari segi cost  cara ini akan lebih mahal bagi pembeli maupun eksportir.

Jenis jenis pembayaran L/C:
Clean L/CPada jenis ini L/C yang tanpa dilengkapi dengan lampiran dokumenshipping seperti B/L dan lain lain sudah dapat dicairkan
Revocable L/CDapat diubah / dibatalkan sepihak oleh pembeli/importir atau issuingbank tanpa persetujuan atau pemberitahuan kepada eksportir.Biasanya digunakan antara perusahaan yang sudah salingmempercayai.
rrevocable L/C Tidak dapat diubah / dibatalkan tanpa persetujuan kedua belah pihak
Irrevocable dan confirmed L/C Tidak dapat dibatalkan sepihak dan dijamin sepenuhnya olehconfirming bank
Documentary L/C
Documentary L/C dengan red clause
Revolving L/CNilainya dapat diperbaharui sesuai dengan nilai yang tercantum didalamnya berdasarkan syarat-syarat yang ditetapkan misalnyatentang nilai maksimum, kumulatif, non kumulatif, dan sebagainya.
Back to Back L/CDiterbitkan oleh issuing bank ditempat eksportir atas permintaaneksportir yang ditujukan kepada supplier

cara pembayaran Luar Negeri
Advance Payment
Pembeli membayar harga barang sebelum barang tersebut diterima ataudikapalkan . Pada hakekatnya pembeli telah memberikan kredit sehinggapenjual dapat menyiapakan barang tersebut. Setelah barang dikirimkan sipenjual megirim dokumen pengangkutan disertai invoice yangmencantumkan pembayaran. Pembayaran dilakukan dengan TT(Telegraphic Transfer) sebelum pengiriman barang atau dengan kata lain‘dimuka’.

Draft Collection (document agains payment) .
Pembeli hanya perlu melakukan akseptasipada wesel untuk mendapatkan dokumen dari bank, sedangkanpembayarannya baru dilakukan setelah akseptasi jatuh tempo.

Cosignment
Pembayaran dilakukan oleh pembeli kepada eksportir secara konsinyasiyaitu setelah barang laku dijual kepada final buyer.

Letter of Credit
Jaminan pembayaran yang diterbitkan oleh bank atas permintaanpembeli, pembayaran dilakukan dengan pencairan L/C oleh eksportir padabank. L/C dapat berupa kondisi sight (atas unjuk) atau usance (berjangka)sesuai dengan kesepakatan. Dan adanya instrumen L/C yang merupakan jaminan pembayaran yang diterbitkan oleh bank yang mengakibatkan darisegi cost 
cara ini akan lebih mahal bagi pembeli maupun eksportir.

Cash payment
Pembayarn yang dilakukan secara langsung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar