Kamis, 24 Oktober 2013

dongeng kepel iwel-iwel

     Di Dusun Demangan Baru, wilayah Yogyakarta, ada seorang ibu setengah baya yang bernama Mbok Rondo Dhadapan, ia mempunyai anak yang berumur 10 tahun, tetapi tubuhnya sangat kecil, tidak lebig dari genggaman tangan manusia. meski begitu, Mbok Rondo sangat menyayangi dan mengasihi anaknya.Anak itu bernama Kepel.
     Pada suatu hari, di desa tersiar kabar bahwa sesuatu yang mengerikan akan melanda wilayah itu. Raksasa Hijau yang tinggal di Gunung Merbabu akan bangun dan mencari mangsa. Penduduk desapun cemas, temaksud Mbok Rondo.
     Tepat pada saat Mbok Rondoo sedang membuka pintu, raksasa sudah berdiri di depannya. Menjeritlah wanita itu tatkala ia menyaksikan Kepel di tangkap raksasa. Namun aksasa itu tiba-tiba meraung sambil memegangi perutnya. Rupanya, sebelum sempat dihancurkan oleh raksasa Kepel menusuk-nusukan pisau lipat kecil sakti di dalam tubuh raksasa. Akhirnya, raksasa tergeletak tak bernyawa.
      seluruh penduduk takjub melihat peristiwa itu. Kepel dielu-elukan oleh seluruh penduduk kampung karena telah berhasil mengalahkan raksasa hijau itu. Mereka sekarang paham bahwa sang pahlawan justru si Kepel (manusia yang besarnya tidak lebih dari genggaman tangan).

2 komentar:

  1. kelas 4 SD aya baca cerita ini di buku pelajaran sekolah, iseng skrg sudah 27 tahun browsing nama kepel iwel iwel yang masih nempel di dalam kepala saya krn unik

    BalasHapus